Sekarang zaman sudah berpadu dengan elektronik semua. Untuk yang satu ini yaitu, online shop sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Apalagi untuk pengguna handphone, smartphone, sangat peka dengan istilah ini sering disebut OLSHOP. Jelas sangat membantu dalam transaksi dagang dan beli, karena customer dimanja dengan beberapa tawaran langsung via layar mobile dan bisa langsung di order dengan payment online pula atau dengan debit. Hal ini sangat menarik hari para pengguna teknologi dibandingkan mereka haru bepergian jauh menghabiskan ongkos transportasi.
Namun, walaupun semua serba dimudahkan para pengguna online shop juga harus berhati-hati dalam berbelanja. Mengapa? Karena jika tidak berhati-hati bisa makan hati, bukannya untung malah buntung, bukannya dimudahkan malah dirugikan karena berbagai kendala yang didapatkan ketika menggunakan layanan tersebut. Apa saja contohnya?
- Barang yang didapatkan tidak sesuai ekspetasi, barang cacat, dan tidak maksimal.
- Packing rusak sehingga barang tidak sesuai dengan pemesanan (error)
- Pengiriman tidak sesuai dengan yang di harap kan
- Barang tidak bisa di retur
Untuk berbelanja online kita memang harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi tersebut. Karena jika tidak kita juga bisa sama dengan beberapa orang lain yang kecewa akan barang yang telah mereka beli.
Beberapa tips yang bisa diperhatikan apabila Anda berbelanja online adalah sebagai berikut:
- Pastikan Online Shop yang dipilih adalah Online Shop yang terpecaya secara history penjualan dan info dari para pelanggan lainnya.
- Pilihlah barang-barang yang direkomendasikan oleh pembeli lainnya dan atau memiliki bukti komentar dari pembeli yang sesuai dengan barang-barang yang di posting
- Jika barang yang dijual belum ada yang melakukan posting komentar, silahkan cek dengan chat atau terhubung dengan tokonya atau penjualnya baru melakukan transaksi. Silahkan di cek dengan teliti.
- Lakukan dengan pembayaran yang diketahui metodenya. Jika bingung bisa cari tahu dulu baru melakukan pembayaran, jangan sampai salah, karena ditakutkan saldo sudah terpotong ternyata salah metode atau bisa jadi tindakan penipuan. Silahkan cek juga Penipuan Online Indikasi Penipuan Berbasis E-Money.
- Cek nomor resi secara berkala jika sudah terbit, jika keterlambatan pengiriman karena agen pengirimnya, silahkan dihubungi call center nya. Di cek atau minta informasi pengiriman secara lengkap.
- Setelah barang sampai, bisa berikan apresiasi atau report kepada penjual agar ada respon juga barang sudah sampai di pembeli langsung report dari pembeli, Hal ini menghibur hati para penjual juga. Jika tidak sesuai silahkan komentar secara pribadi jika tidak ditanggapi baru secara umum. Karena siapa tau ada kesediaan retur oleh penjual (diacungi jempol).
Demikian beberap Tips yang harus diperhatikan saat berbelanja online. Melalui ketelitian kita saat berbelanja akan membantu kita dipuaskan oleh teknologi saat ini. Mungkin otot tidak perlu kerja untuk lari-lari kesana-kesini dalam berbelanja, tetapi pikiran yang fokus diperlukan saat beberlanja secara online.
Semoga bermanfaat. (Salam)
Komentar
Posting Komentar